WhatsApp untuk Jualan
April 23, 2020

Tips Memaksimalkan WhatsApp untuk Jualan

By Fram

Melihat banyaknya pengguna aplikasi WhatsApp membuat banyak orang memanfaatkannya untuk berbisnis online. Bahkan, banyak yang mulai mencari tahu tips WhatsApp marketing.

Kebanyakan, menggunakan WhatsApp Business untuk jualan online karena beragam keunggulannya dibanding dengan WhatsApp Messenger. Dari fitur-fitur tersebut bisa dioptimalkan untuk jualan, di antaranya:

Click to Chat

Pertama, jika Anda merupakan seorang pebisnis atau owner toko online, gunakanlah fitur click to chat yang memungkinkan customer berhubungan dengan Anda tanpa menambahkan nomor Anda.

Pesan Otomatis

Fitur ini ada di WhatsApp Business yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan secara otomatis untuk pertama kali. Jadi, setelah pelanggan mengklik link WhatsApp Anda, maka akan ada balasan pesan secara otomatis yang sudah disiapkan sebelumnya.

Simpan Kontak

Jangan menyimpan kontak di media penyimpanan ponsel atau SIM card, gunakan Google Contacts. Maksud dan tujuannya selain bisa sinkron dengan akun Google, semua kontak yang tersimpan saat ada kemungkinan SIM card rusak atau ponsel hilang, kontak tetap aman.

Selain itu, usahakan untuk menyimpan email atau alamat pelanggan Anda. Siapa tahu esok masih dibutuhkan jika repeat order.

Optimalkan Profil Bisnis

Bagi pengguna WhatsApp Business, usahakan untuk mengisi semua field yang ada di profil bisnis ini. Contohnya foto profil, alamat lengkap, kategori bisnis, deskripsi bisnis, hari dan jam operasional, dan alamat email atau website bisnis.

Dengan memiliki online shop juga salah satu branding profil bisnis kamu Toko Whatsapp adalah salah satunya untuk membangun profil bisnis kamu agar lebih terlihat elegant dan profesional.

Label

Selain keempat tips WhatsApp marketing di atas, di WhatsApp Business juga ada fitur label yang bisa Anda gunakan untuk menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria khusus.

Adanya label ini membuat Anda mudah melakukan follow up dan membedakan chat mana yang merupakan pelanggan baru, sudah bayar, dan lain sebagainya.

READ  Jenis Internet Marketing yang Perlu Dipelajari

Quick Replies

Tips menggunakan WhatsApp untuk bisnis online selanjutnya adalah memanfaatkan fitur quick replies. Ini bisa untuk menghindari pertanyaan berulang seperti nomor rekening, spesifikasi produk dan harga, serta lain sebagainya.

Integrasikan dengan Saluran Pemasaran Lain

Dengan Anda mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lain seperti email marketing atau Telegram channel Anda bisa mengatasi masalah jumlah penerima pesan massal (broadcast) serta jumlah anggota yang terbatas.

Di mana terbatasnya jumlah penerima broadcast serta anggota grup (256 kontak) adalah kelemahan dari WhatsApp.

Jadwalkan Hard Selling

Meskipun Anda memiliki grup khusus atau kontak yang banyak, Anda tidak bisa egois dengan mengirim promosi terus menerus. Sebaiknya, jadwalkan promosi hard selling  setiap beberapa waktu sekali, misalnya dua Minggu sekali.

Tujuan dari hard selling ini agar Anda tidak dilabeli spammer oleh kontak Anda karena terlalu sering mengirimkan pesan jualan.

Konsumen akan lebih menghargai Anda karena pesan Anda terjadwal. Konsumen pun lebih nyaman dengan promosi Anda serta konsumen tak segan memberikan kontak Anda ke teman lain karena strategi marketing Anda ini.

WhatsApp Status

Di fitur ini, Anda bisa memposting update produk jualan Anda setiap hari. Gunakan gambar dengan warna yang menarik sertakan dengan detail penawaran agar pembeli bisa melakukan aksi untuk membeli.

Konsisten

Ya, semua tips jualan di WhatsApp tidak akan bekerja jika Anda tidak melakukannya dengan serius dan konsisten. Mulailah bangun brand Anda dengan pelayanan terbaik serta prima. Dari sana, pelanggan akan mempercayai Anda dan produk Anda.

Demikianlah beberapa tips WhatsApp marketing. Jualan online akan terasa mudah dan menyenangkan jika Anda tahu triknya.