October 22, 2020

Cara Desain Rumah ala Jepang

By drajjad

Apa yang terlintas di benar Anda mengenai rumah ala Jepang? Mungkin sebagian besar dari Anda akan membayangkan rumah dengan konsep minimalis yang mengusung tema lekat dengan alam. Rumah dengan gaya Jepang sendiri memadukan antara perumahan kontemporer dengan citra kuno. Tak jarang penggunaan konstruksi dengan struktur kayu masih digunakan pada rumah bergaya jepang. Kesan lain yang didapat pada perumahan jepang adalah “privasi”. Hall ini bisa dilihat dari tembok yang mengitari rumah dan akses masuk rumah biasanya dilindungi oleh  kanopi atau cartport.

Rumah dengan konsep minimalis sangat cocok untuk diterapkan dengan desain ala jepang. Rumah minimalis sendiri sangat banyak ditemukan di Indonesia khususnya pada perumahan di kota-kota besar. Jika Anda tertrarik untuk mengganti gaya rumah Anda menjadi rumah ala jepang, Anda bisa menyimak tips berikut ini tentang bagaimana cara desain rumah ala jepang.

Pergunakan Bahan dari Kayu dan Bambu

Seperti yang dibahas pada paragraf-paragraf sebelumnya, rumah Jepang sangat dekat dengan alam. Baik dari konstruksi rangka, strukrur lantai, furnitur, kusen pintu dan jendela hingga sekat rumah, biasanya rumah dengan gaya Jepang menggunakan bahan yang notabenya terbuat dari kayu dan bambu. Selain memberikan kesan alami, bahan kayu memberikan kesaan dekoratif yang lebih natural.

Anda bisa mengisi rumah Anda dengan furnitur yang terbuat dari kayu. Biar lebih terkesan jejepangan, Anda bisa mengganti karpet di rumah Anda dengan karpet yang memiliki ukuran serta tekstur seperti tatami. Anda juga bisa menambahkan sekat-sekat non permanen seperti rak buku yang berbahan dasar kayu.

Gunakan Warna-Warna yang Natural

Warna-Warna netral seperti putih, abu-abu, dan krim memang lazim ditemukan pada rumah dengan konsep minimalis karena memberi kesan yang lebuh luwes. Anda bisa menambahkan warna-warna natural yang lekat dengan alam seperti warna hijau, coklat, atau biru muda. Namun, untuk hasil yang maksimal Anda juga harus memperhatikan proporsional dari perpaduan warna tersebut.

READ  Penjelasan Mengenai Pondasi Paku Bumi

Tidak hanya pada tembok, Anda juga bisa menambahkan warna-warna natural ini ke bagian-bagian lain dalam rumah Anda. Misalkan Anda menambahkan warna abu-abu sedikit gelap pada plat lantai rumah Anda.

Gunakan Furnitur ala Jepang

Salah satu ciri khas dari furnitur khas jepang adalah cukup rendah sehingga bisa digapai dengan sambil lesehan. Meja-Meja kayu kecil, kursi kayu yang dekat dengan lantai, ranjang yang rendah adalah beberapa contoh furnitur yang memiliki kekhasan ala Jepang. Bahkan penggunaan kursi pun terkadang diganti dengan bantal duduk. Furnitur-Furnitur seperti ini juga memikiki beberapa keunggulan seperti tidak terlalu memakan tempat seta mudah dipindahkan dan ditata ulang.

Maksimalkan Pencahayaan Alami

Jika Anda melihat rumah dengan gaya Jepang seperti di film-film, Anda akan menemukan rumah dengan gaya luang tampak luwes dengan tidak terlalu banyak sekat-sekat antar ruangan. Jika pun ada, sekat-sekat tersebut merupakan sekat yang dilapisi bahan tembus cahaya seperti kertas atau sekat-sekat non permanen. Hal ini bertujuan agar cahaya yang masuk ke rumah lebih maksimal. Anda juga bisa menyingkirkan ornamen-ornamen yang bisa menghalangi cahaya seperti tirai atau teralis pada jendela.

Inilah dia tips dan trick dalam mendesain rumah ala jepang. Perumahan di Jepang memang lebih menekan kesederhanaan. Konsep yang sederhana ini membuat desain interior maupun eksterior ala jepang bisa diterapkan dengan mudah di rumah Anda. Jika bingun dalam pembangunan rumah konsultasikan dengan jasa bangun rumah Jogja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, selamat mendekor.