September 9, 2020

3 Pondasi Tipe Dalam yang Acapkali Diterapkan

By didit

pondasi-tipe-dalam-yang-acapkali-diterapkan

 

Saat akan membangun suatu bangunan apa saja, pengembang bangunan dimana pun juga pasti akan memikirkan sbh pondasi yang terletak dibawah bangunan utama yang akan dibangun diatasnya. Mengapa sepatutnya ada pondasi dibawah bangunan tersebut? Pertanyaan ini sering timbul dipikiran kita ketika mengamati sebuah gambar proyek bangunan baik itu rumah kios 3 lantai, rumah kantor 3 lantai, gedung pemerintahan ataupun gedung perkantoran.

Jawaban simpelnya sama seperti kita memperhatikan sebuah pohon besar yang ada di sekitar wilayah kita. Kian besar dan tinggi pohon itu maka akarnya bahkan semakin besar, banyak dan dalam menembus tanah. Akar pada pohon tersebut berfungsi sebagai penyangga dan pemikul batang pohon yang berada diatasnya. Belajar dari alam yang sudah mencontohkan ilmu pengetahuannya terhadap kita karenanya fungsi pondasi pada bangunan merupakan sama seperti akar pada pohon tersebut diatas, pondasi berfungsi sebagai penerus bobot bagus itu berat bangunan dan bobot hidup bangunan hal yang demikian dan meneruskannya ke lapisan tanah dalam hal ini lapisan tanah keras.

3 Pondasi Tipe Dalam yang Acapkali Diterapkan

Berikut ini kami tuliskan 3 pondasi tipe dalam yang acapkali diterapkan pada pembangunan bangunan baik utk rumah tempat tinggal 2 – 3 lantai, rumah kios dgn banyak lantai, rumah kantor multi lantai dan gedung perkantoran versi kami, semua ini bermula dari pondasi yang paling umum diaplikasikan orang karena kemudahan dan kepraktisan pengerjaannya.

  • Pondasi tiang pancang

Pondasi tiang pancang yaitu konstruksi pondasi yg berbentuk spt paku atau pensil utk bangunan yg kapabel menyalurkan dan memikul seluruh beban yg berlaku pada pondasi tersebut ke dalam tanah, sampai di kedalaman tertentu yaitu sampai ditemukan lapisan tanah keras.

Format tiang pondasi ini ada yang berbentuk segi 3, segi 4 ataupun bulat dimasukkan kedalam tanah dengan metode di dongkrak menerapkan hydraulic jack maupun dipukul memakai drop hammer sampai kedalaman lebih dari 8 meter. Pondasi ini berbentuk seperti paku yang berujung tajam, makanya banyak yg menyebutnya dgn paku bumi. Jasa pancang mini pile yang ditawarkan bermacam disesuaikan dengan spesifikasi, lokasi dan volume kebutuhannya.

  • Pondasi bore pile
READ  Mencari Sumber Daya Alternatif Yang Lebih Bersih Dan Kuat

Pondasi bore pile yakni pondasi yang dibentuk langsung di tanah dengan metode melubangi tanah dengan kedalaman dan diameter tertentu sama dengan keperluan dan spesifikasi yang ditentukan kemudian dimasukkan besi tulangan berikutnya dicor menggunakan adukan beton. Jika keperluan diameter lubang antara 30 – 60 cm dan kedalaman sampai 25 meter maka diperlukan jasa bore pile sebab pelubangan tanah tsb dijalankan dengan sistem mengebor tanah dengan menerapkan mesin bore pile. Harga jasa bore pile per meter untuk pondasi ini berbagai pantas dengan spesifikasi dan lokasi proyek.

  • Pondasi strauss pile

Sama seperti pada pondasi bore pile diatas, pondasi strauss pile juga adalah pondasi yang diciptakan di dalam tanah dengan metode melubangi tanah dengan kedalaman dan diameter tertentu dikasih besi tulangan dan di cor menggunakan adukan beton segar, beda kedua pondasi ini yaitu pada besar diameter lubang, kedalaman dan alat yang digunakan untuk melakukannya. Seandainya keperluan diameter lubangnya dibawah 10 – 20 cm dan kedalaman tak sampai 10 meter maka yang diperlukan jasa strauss pile sebab pelubangan tanah tsb dilaksanakan dengan sistem manual, pelubangan dengan daya manusia.

Itulah Pondasi Dalam yang acapkali Diterapkan pada pembangunan proyek bangunan seperti gedung, ruko, rukan, jembatan dan menara.